Blog of Mazket, Wahana Berkarya untuk Berbagi Informasi

Sebagai seorang Pemuda, patutlah kita untuk senantiasa berkarya. Janganlah kita menjadi Pemuda yang hanya terdiam menerima apa adanya. Kita harus bisa menjadi generasi perubah. Tentunya generasi perubah ke arah yang lebih baik.

Kitalah yang akan menggantikan generasi orang-orang tua kita. Kitalah generasi baru yang lebih bersemangat untuk menjadi lebih baik. Kitalah generi pencetak generasi selanjutnya yang tentunya harus lebih baik daripada generasi kita.

Semangatlah kawan.....
Marilah kita ubah dunia ini menjadi lebih baik, diawali dari diri kita terlebih dahulu.


Kamis, 16 September 2010

Pendidikan Konservasi

Menurut Undang-Undang Sisdiknas, pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar, berulang-ulang dan terus-menerus untuk merubah anak didik atau masyarakat (peserta belajar)ke suatu arah yang diinginkan.

Konsep pendidikan konservasi :
1. Perlindungan sistem penyangga kehidupan
2. Pengawetan keanekaragaman hayati dan plasma nutfah
3. Pemanfaatan sumberdaya alam secara lestari

Pendidikan Konservasi adalah suatu usaha sadar yang dilakukan berulang-ulang/ terus-menerus yang bertujuan supaya masyarakat memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap konservasi sumberdaya alam dan segala permasalahannya yang memiliki pengetahuan, sikap,keahlian,motivasi dan komitmen untuk ikut memecahkan masalah konservasi

Tujuan Pendidikan Konservasi
a. mengembangkan kepekaan individu dan kelompok komunitas dan bangsa-bangsa terhadap konservasi sumberdaya alam.
b. memberikan kesempatan kepada semua orang untuk mendapatkan kesadaran, pengetahuan, keahlian dan komitmen untuk melakukan konservasi sumberdaya alam.
c.membentuk pola perilaku yang ramah terhadap sumberdaya alam
d.mengembangkan etika konservasi
e. memberantas buta konservasi
f. meningkatkan kualitas sumberdaya alam


Sasaran Pendidikan konservasi
*Kesadaran (awareness):kesadaran dan kepekaan terhadap sumberdaya alam termasuk permasalahannya

*Pengetahuan (knowledge): pengetahuan danpemahaman terhadap sumberdaya alam, permasalahan peran dan tanggung jawabnya.

*Sikap (attitude) : nilai-nilai sosial, rasa kepedulian yang kuat terhadap sumberdaya alam, motivasi untuk berperanserta dalam upaya-upaya perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan sumberdaya alam secara lestari.

*Keterampilan (Skill): keterampilan untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam konservasi sumberdaya alam.

*Kemampuan mengevaluasi (evaluation ability): kemampuan mengevaluasi konservasi sumberdaya alam dan program pendidikan dari segi ekologi, ekonomi, sosial, estetika dan pendidikan.

*Peran serta (participation):mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap suatu permasalahan konservasi sumberdaya alam sehingga dapat mengambil tindakan yang relevan untuk pemecahannya.

Sumber : http://www.scribd.com/doc/2408893/Pendidikan-Konservasi

Tidak ada komentar: